Search

Memelihara Kebersihan Mulut dan Gigi


Secara umum, pemeliharaan kesehatan untuk mulut dan gigi pada remaja sama seperti pada orang dewasa. Melakukan pemeliharaan kesehatan pada mulut dan gigi kita akan terhindar dari masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut.
BERSIHKAN GIGI SECARA RUTIN.

Tujuan dari menyikat gigi adalah menghilangkan/menghambat pertumbuhan plak;embersihkan gigi dari makanan, debris, dan pewarnaan;menstimulasi jaringan gusi; dan mengaplikasikan pasta gigi yang mengandung suatu bahan khusus untuk mencegah lubang gigi, penyakit periodontal, maupun mengurangi sensitivitas. Ada lima hal yang harus selalu diperhatikan dalam melakukan penyikatan gigi guna memperoleh hasil yang efektif. Kelima hal tersebut adalah:
  1. Tepat memilih sikat gigi
  2. Tepat cara menyikat gigi
  3. Tepat waktu menyikat gigi
  4. Tepat lamanya menyikat gigi
  5. Teliti dalam menyikat gigi
Syarat-syarat sikat gigi yang baik adalah tangkainya lurus sehingga mudah dipergang. Ujung kepala sikat kecil dan membulat sehingga mudah masuk ke seluruh daerah mulut, serta bulu sikat sedang, lembut dan datar. Cara menyikat gigi yang baik da disarankan adalah:
  1. Penyikatan dilakukan pada seluruh permukaan gigi
  2. Menggunakan gerakan naik-turun untuk permukaan gigi yang menghadap pipi, bibir dan lidah.
  3. Penyikatan dengan gerakan maju-mundur untuk permukaan yang digunakan untuk mengunyah makanan
Waktu menyikat gigi yang tepat adalah setiap habis makan dan sebelum tidur malam. Lamanya menyikat gigi kurang lebih 2 menit, dengan 5-10 gerakan untuk setiap bagian, agar pembersihan pada daerah celah di antara dua gigi lebih maksimal, maka dianjurkan menggunakan benang gigi(dentalfloss). Selain pada gigi, penyikatan pada lidah juga perlu dilakukan untuk membersihkan lidah dari kotoran yang dapat menimbulkan bau mulut.
HINDARI KONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN YANG MANIS DAN LENGKET

Makanan dan minuman yang manis dan lengket dan disukkai remaja seperti permen, coklat, caramel, minuman bersoda, es krim, dan sebagainya dapat menyebabkan timbulnya suasana asam di dalam mulut, sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Perbanyaklah sayuran dan buah-buahan yang berserat dan berair yang baik untuk kesehatan tubuh dan gigi, karena di dalamnya mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Contohnya adalah brokoli, semangka, jeruk, apel, dan sebagainya. Selain itu perlu juga dihindari makanan-makanan yang terlalu panas atau dingin, makanan yang dapat menimbulkan bau mulut, serta hindari rokok.
Kalau perlu pemeriksaan gigi harus dilakukan secara berkala dengan mengunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali, agar masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut yang ada dapat segera di atasi sedini mungkin, jangan menunggu hingga muncul keluhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...