Search

Auto Sugesti


Setiap manusia pasti sudah pernah mendapatkan motivasi baik itu dari dalam diri sendiri maupun dari luar dirinya atau orang lain. Tahukah kalian motivasi itu sebenarnya merupakan suatu auto sugesti. Auto sugesti ini akan sangat bermanfaat atau akan menjadi sangat efektif bagi diri sendiri, jika kita tahu cara penerapannya. Jika penerapannya cuma sekedar asal-asalan saja tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal, bahkan sering hasilnya negatif bagi kehidupan manusia.

Auto sugesti merupakan sarana atau alat untuk mempengaruhi alam bawah sadar manusia dengan cara diberikan. Auto sugesti juga merupakan suatu kontrol  manusia dalam kehidupannya. Auto sugesti akan sangat berguna bagi manusia agar bisa berprilaku baik dan akan menjauhi suatu perbuatan buruk bagi diri sendiri. Kenapa auto sugesti sangat berguna bagi kita, itu karena alam sadar kita akan mempengaruhi alam bawah sadar agar berbuat sesuai dengan keinginan kita.
Setiap orang pasti akan butuh auto sugesti tersebut. Karena merupakan kontrol bagi manusia terhadap pikiran bawah sadar untuk berfikir positif, kreatif, dan membuang pikiran yang negatif, destruktif, yang dapat mempengaruhi pikiran bawah sadar manusia. Berfungsi juga sebagai sarana untuk merubah diri sendiri, mencapai tujuan, cita-cita dan berbuat yang lebih baik dari saat ini. Segala sesuatu  akan berubah menjadi baik jika manusia mempunyai kemauan, kehendak, hasrat, motivasi untuk merubah diri sendiri.
Dalam diri manusia, dapat dilihat derajat motivasi untuk merubah diri sendiri, antara lain :
1.    Rasa puas
Pada tahap ini, seseorang telah merasa puas dengan apa yang dicapainya dan menolak serta mengabaikan usulan untuk mengadakan perubahan.
2.    Fatalisme
Pada tahap ini manusia pasrah kepada nasib, sudah melihat pentingnya perubahan, tetapi menganggap bahwa perubahan terjadi akibat pengaruh luar yang menentukan. Jadi perubahan tidak dirasa mulai dari diri sendiri.
3.    Pesimisme
Pada tahap ini seseorang telah mengakui pentingnya perubahan, tetapi tidak melakukan tindakan untuk berubah, karena merasa dirinya tidak mampu, sudah tua, masih terlalu muda, kurang pendidikan, atau merasa bahwa orang lain, penengah, alat penengah tidak mampu melakukan perubahan.
4.    Kebimbangan
Pada tahap ini seseorang sudah merasa bahwa perubahan itu penting, mempunyai minat untuk melakukan perubahan tetapi takut gagal.
5.    Ketidaktegasan
Pada tahap ini, manusia merasa ragu-ragu untuk melakukan perubahan dan hanya siap untuk melakukan perubahan jika diberikan dorongan, dukungan atau motivvasi.
6.    Komitmen
Pada tahap ini seseorang telah melakukan penilaian yang wajar, tidak memihak dan bersedia untuk mengambil langkah-langkah demi perubahan.
7.    Keyakinan
Pada tahap ini seseorang sudah memiliki keyakinan, yakin sepenuh hati akan faedah perubahan, siap untuk bertahan jika terjadi kemunduranyang bersifat sementara.
8.    Antusiasme
Pada tahap ini seseorang telah mempunyai keyakinan penuh, mampu melaksanakan perubahan dan siap untuk menjadi contoh dan panutan bagi orang lain.
Dengan memahami arti dari auto sugesti, seseorang dapat melakukan auto sugesti untuk memberikan saran, pengaruh, perintah bagi diri sendiri, dari diri sendiri, untuk diri sendiri. Jadi buat pembaca yang membaca artikel ini, manfaatka lah motivasi dalam diri kalian. Dan kejarlah cita-cita kalian dengan motivasi tersebut. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...